JudulPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD INPRES 2 TANAMODINDI |
Nama: AYU SAPUTRI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Ayu Saputri, 2024. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Inpres 2 Tanamodindi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Nuraini, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SD Inpres 2 Tanamodindi. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Inpres 2 Tanamodindi yang berjumlah 46 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas Va sebagai kelas eksperimen dan Vb sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Analisis data menggunakan uji persyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan paired sample t-test yang dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistic 25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < nilai alfa 0,05. Karena nilai sig. 0,000 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Inpres 2 Tanamodindi. Kata Kunci : Pengaruh, Media Pembelajaran Audio Visual, Hasil Belajar |