JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SDN INPRES 1 BIROBULI |
Nama: NI MADE SUASTINI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Ni Made Suastini, 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di SDN Inpres 1 Birobuli. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azizah, S.Si.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing-prompting terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN Inpres 1 Birobuli. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Inpres 1 Birobuli yang berjumlah 42 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas Va sebagai kelas eksperimen dan Vb sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan paired sample t-test yang dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistic 25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < nilai alpha 0,05. Karena nilai sig. 0,000 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran probing-prompting terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN Inpres 1 Birobuli. Kata Kunci : Model Pembelajaran Probing-prompting, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA |