JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES 15 WARA |
Nama: HARTATI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Hartati, 2024. Penerapan model pembelajaran inside outside circle pada pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SD Inpres 15 Wara Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Nashrullah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran inside outside circle untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SD Inpres 15 Wara Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara bersiklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan Tindakan, observasi dan refleksi instrument dalam penelitian ini ini yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa, selanjutnya tes hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dan guru serta analisis hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui model index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Inpres 15 Wara. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I Hasil belajar siswa pada siklus I dengan ketuntasan belajar klasikal 61,90?ngan nilai rata-rata 68,09?n Hasil belajar siswa pada siklus II menagalami peningkatan dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 90,47 dengan nilai rata-rata 82,85%. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Inside Outside Circle, IPS |