JudulAnalisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Kelas IV SDN Inpres 2 Talise |
Nama: RAFIKA LANGIMPU |
Tahun: 2024 |
Abstrak Rafika Langimpu, 2024 “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Kelas IV SDN Inpres 2 Talise”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Tadulako. Pembimbing: Pahriadi. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di kelas IV SDN Inpres 2 Talise? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimanakah implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di kelas IV SDN Inpres 2 Talise. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan, dilakukan tehnik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di kelas IV telah terlaksana dan masuk pada kategori baik dengan hasil persentase 84%. Guru telah mengimplementasikan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi, menciptakan lingkungan belajar yang menarik, serta memahami kemampuan literasi dan numerasi siswa. Adapun yang menjadi kesulitan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di kelas IV SDN Inpres 2 Talise adalah pembuatan modul ajar serta pembuatan lapor P5. Dan yang menjadi hambatan adalah kurangnya keikutsertaan orang tua dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Kurikulum Merdeka Belajar, Pembelajaran, Sekolah Dasar |