Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Video Animasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 2 Gimpu
Nama: ANDRIAWAN
Tahun: 2024
Abstrak
Andriawan, 2024. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berban tuan Media Video Animasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 2 Gimpu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Asriani. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memiliki dua siklus dan empat tahap, yaitu (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan, (c) Pengamatan/observasi, (d) Refleksi. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar. Upaya pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media video animasi. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Gimpu. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 2 Gimpu yang berjumlah 12 orang. Data dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan presentase daya serap klasikal siswa sebesar 71,4% serta presentase ketuntasan klasikal sebesar 75%. Sedangkan pada siklus II diperoleh presentase daya serap klasikal siswa sebesar 80,8% serta presentase ketuntasan klasikal sebesar 91%. Berdasarkan presentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu pada daya serap klasikal terjadi peningkatan sebesar 9,4?ri siklus I sebesar 71,4?n siklus II sebesar 80,8%. Begitu juga pada ketuntasan klasikal terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 16?ri siklus I sebesar 75?n siklus II sebesar 91%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media video animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Gimpu pada pembelajaran IPA. Kata kunci ; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up