JudulPENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV DI SD INPRES 5 BIROBULI |
Nama: RIFKA ANUGRA SARI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Rifka Anugra Sari, 2024. Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV di SD Inpres 5 Birobuli. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, JurusanIlmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Nuraini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen dengan desain kelompok pretest-posttest. Masalah yang diteliti yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik sehingga, upaya yang diberikan untuk masalah yaitu dengan memberikan media pop-up book. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media pop-up book terhadap hasil belajar peserta didik. Populasi terdiri dari seluruh peserta didik kelas IV SD Inpres 5 BirobuLi, yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah peserta didik 56 orang. Kelas IV A terdiri dari 28 orang yang dijadikan kelas eksperimen dan kelas IV B terdiri dari 28 orang yang dijadikan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, lembar tes dan dokumentasi. Teknik analissis data yang digunakan adalah uji T. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa, media pop-up book bepengaruh dan mampu meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik. Hal ini dilihat dari hasil yang diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 73,21 dan rata-rata posttest keas kontrol 68,75. Kata Kunci ; Media Pop-up Book, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA |