JudulMeningkatkan Hasil Belajar IPA Melaui Model Pembelajaran Take And Give Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV Di SDN 2 Gimpu |
Nama: FRITS LEONARD AWAY |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memiliki dua siklus dan empat tahap, yaitu (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan Tindakan, (c) Obsevasi, (d) Refleksi. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar. Upaya pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Take And Give. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 2 Gimpu. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Gimpu yang berjumlah 18 orang siswa, yang terdiri 6 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan persentase ketuntasan klasikal sebesar 44%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 88%. Berdasarkan presentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 50% pada ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Take And Give dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN 2 Gimpu Kelas IV pada Mata Pelajaran IPA. Kata kunci ; Model Pembelajaran Take And Give, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA |