JudulPengaruh Model Problem Based Learnig Menggunakan Media Simulasi PhET Pada Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V SD Inprrs 5 Birobuli |
Nama: RISKY AMELIA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Risky Amelia,2024. “Pengaruh Model Problem Based Learning Menggunakan Media Simulasi PhET Pada Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V SD Inpres 5 Birobuli”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dassar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Nuraini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen dengan desain kelompok Nonequivalent Control Group Design. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar peserta didik sehingga upaya yang diberikan untuk pemecahan masalah adalah dengan memberikan model Problem Based Learning menggunakan media simulasi PhET. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning menggunakan media simulasi PhET terhadap hasil belajar peserta didik. Populasi pada penelitian ini terdiri dari seluruh peserta didik kelas V SD Inpres 5 Birobuli yang dimana terdiri dari 2 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 60 orang 30 orang kelas Va dan 30 orang kelas Vb yang mana kelas Va dijadikan sebagai kelas eksperimen dan Vb sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes hasil belajar peserta didik teknik analisis data yang digunakan adalah uji T. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning menggunakan media simulasi PhET mempunyai pengaruh yang signifikan dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik, hal ini dilihat dari hasil yang diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 75,4 dan rata-rata posttest kelas kontrol 60,1. Kata kunci: Model Problem Based Learning,Simulasi PhET,hasil belajar, Pembelajaran IPA |