JudulPengaruh Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Di SDN Inpres 3 Tondo |
Nama: MARCELINA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Marcelina, 2024. Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di SDN INPRES 3 TONDO. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dr,Herlina S,Pd, M,Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas III di SDN INPRES 3 TONDO. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi adalah siswa kelas III, IV, dan V yang terdiri dari 41 orang. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 14 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Random Sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket untuk mengetahui peran orang tua terhadap hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh peran orang tua masuk dalam kategori sangat kuat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, dan PPKn masuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai signifikan dengan taraf 5% yaitu 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh peran orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas III di SDN INPRES 3 TONDO Kata Kunci: Peran Orang Tua, Hasil Belajar |