Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPAS Berbantuan Media Mind Mapping Siswa Kelas IV SD Inpres 3 Tondo
Nama: DESRI
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Desri Makaaso, 2024. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPAS Berbantuan Media Mind Mapping Siswa Kelas IV SD Inpres 3 Tondo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Nurul Fitriah Aras. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Inpres 3 Tondo. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel adalah siswa kelas IV-A 28 orang dan IVB 27 orang siswa.Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan Proposiv Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan lembar obsevasi guru dan siswa serta hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan model discovery learning berbantuan mind mapping sangat baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS yang mana pada hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai signifikaan 5% yaitu 0,000 < 0,05% maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan mind mapping dapat meningkatakan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 3 Tondo. Kata kunci : Model Discovery Learning, Pembelajaran IPAS, Media Mind Mapping Siswa SD

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up