JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMEN (TGT) BERBANTUAN MEDIA CANVA DIKELAS V SDN INPRES 2 TALISE |
Nama: KIRAN ALFATIHA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Kiran Alfatiha, 2024 , Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Mengunakan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Canva Di Kelas V SDN Inpres 2 Talise. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako Palu. Pembimbing : Asriani Tujuann penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournamen (TGT) berbantuan media Canva dikelas V SDN Inpres 2 Talise, bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Inpres 2 Talise yang berjumlah 30 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournamen (TGT) berbantuan media Canva dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat pada hasil yang diberikan pada siklus I dimana diperoleh daya serap klasikal 62,5?ngan presentase ketuntasan belajar klasikal 63,3?n pada siklus II diperoleh daya serap sklasikal 73,16?ngan presentase ketuntasan belajar klasikal 86,6%. Berdasarkan indikator kinerja peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournamen (TGT) berbantuan media Canva dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Model Pembelajran Teams Games Tournamen (TGT), Hasil Belajar Siswa, Media Canva, Pembelajaran IPA |