JudulMeningkatkan Kemampuan Menghitung Perkalian Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas III SD Negeri 14 Balaesang |
Nama: FADLIA MUBAKKIRA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Fadlia Mubakkira (2025). Peningkatan Kemampuan Menghitung Perkalian Melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas III SDN 14 Balaesang. Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing: Sisriawan Lapasere. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghitung perkalian siswa kelas III SDN 14 Balaesang melalui penerapan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 18 orang siswa kelas III. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi aktivitas siswa dan guru, serta tes formatif pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam operasi hitung perkalian. Pada siklus I, sebanyak 12 siswa (66,7%) mencapai ketuntasan, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 15 siswa (83,3%). Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari 71,25% pada siklus I menjadi 87,5% pada siklus II. Aktivitas guru meningkat dari 72,22% menjadi 91,66%. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual efektif dalam meningkatkan kemampuan menghitung perkalian dan aktivitas belajar siswa. Kata Kunci: kemampuan menghitung, perkalian, pendekatan kontekstual, penelitian tindakan kelas |