JudulPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DI SD INPRES 1 TANAMODINDI |
Nama: YANTI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Yanti, “Pengembangan perangkat pembelajaran luas persegi dan persegi panjang dengan menggunakan metode penemuanTerbimbing di sd inpres 1 Tanamodindi”. Skripsi Program Studi Penidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Yusdin Bin Mahmud Gagaramusu, Lc., M. Ed. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran luas persegi dan persegi panjang dengan menggunakan metode penemuan terbimbing yang dikembangkan. Penelitian dilaksanakan di SD Inpres 1 Tanamodindi dengan menggunakan metode penelitian pengembangan menggunakan 4-D (Four-D Model) milik Thiagarajan, Semmel & Semmel (1974:5) yaitu terdapat empat langkah atau tahapan, antara lain: (1) penetapan (define); (2) perancangan (design); (3) pengembangan (develop); (4) penyebaran (disseminate). Tetapi model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah seperti disarankan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel (1974) yang diadopsi oleh Ibrahim (2008) yaitu model 4-D (Four D Models) yang direduksi menjadi 3-D yaitu tahap Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop). Data yang diperoleh berasal dari 3 aspek yaitu tim ahli, guru dan siswa. Validasi produk didasarkan pada 2 aspek yaitu aspek materi dan aspek media, dari kedua aspek tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan nilai yang diperoleh dalam kalsifikasi sangat baik dan baik. Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dengan menggunakan angket respon siswadan guru diperoleh hasil dalam spesifikasi sangat baik dan baik dan kefektifan perangkat pembelajaran diperoleh dari tes hasil belajar siswa dengan klasifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil validasi dan uji kepraktisan perangkat pembelajaran luas persegi dan persegi panjang yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan sebagai perangkat pembelajaran matematika Sekolah Dasar. Kata kunci: Luas Persegi dan Persegi Panjang, Penemuan Terbimbinng, dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran. |