JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Menggunakan Model Inkuiri Kelas V SD Inpres Dolago Padang |
Nama: NILUH MERY ADVENIA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memiliki dua siklus dan empat tahap, yaitu (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan Tindakan, (c) Obsevasi, (d) Refleksi. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar. Upaya pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres Dolago Padang. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Inpres Dolago Padang yang berjumlah 25 orang siswa, yang terdiri 10 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan presentasi daya serap klasikal siswa sebesar 68% serta persentase ketuntasan klasikal sebesar 64%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase daya serap klasikal siswa sebesar 76% serta presentasi ketuntasan klasikal sebesar 84%. Berdasarkan presentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu pada daya serap klasikal terjadi peningkatan sebesar 8?ri siklus I sebesar 68?n siklus II sebesar 76%. Begitu juga pada ketuntasan klasikal terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 20?ri siklus I sebesar 64?n siklus II sebesar 84%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Inpres Dolago Padang kelas V pada pembelajaran IPS. |