Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Di SDN 2 Kasimbar
Nama: NURMAGFIRA
Tahun: 2025
Abstrak
Nurmagfira, 2024. Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V di SDN 2 Kasimbar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Arif Firmansyah. S.Pd., M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memiliki dua siklus dan empat tahap, yaitu, Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar. Upaya pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe make a match. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kuantitaif dan kualitatif. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 2 Kasimbar. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 2 Kasimbar yang berjumlah 14 orang siswa, yang terdiri 7 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil akhir tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 70,36 dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 71,42%. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa yaitu 76,42 dan ketuntasan belajar klasikal yaitu 85,71%. Berdasarkan presentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 2 Kasimbar. Kata kunci: Model Pembelajaran koopertaif tipe Make a Match, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up