Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SD Inpres Baru
Nama: SITI NURHALISA YAMPEL
Tahun: 2024
Abstrak
Siti Nurhalisa Yampel, 2024. Meningkatkan Hasil Belajar Ips Melalui Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SD Inpres Baru. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memiliki dua siklus dan empat tahap, yaitu (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan Tindakan, (c) Obsevasi, (d) Refleksi. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar. Upaya pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar IPS iswa Kelas V SD Inpres Baru. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Inpres Baru yang berjumlah 24 orang siswa, yang terdiri 9 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan persentase ketuntasan klasikal sebesar 66%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 91%. Berdasarkan presentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 25% pada ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Inpres Baru Kelas V pada Pembelajaran IPS. Kata kunci ; Metode Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up