Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS IV SD NEGERI HANGA-HANGA
Nama: SITTI RATNISA I. MARIAJANG
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan menulis siswa kelas IV SD Negeri Hanga-Hanga. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Subyek penelitian yaitu siswa kelas IV yang terdiri dari kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan berupa lembar tes menulis untuk mengukur kemapuan menulis siswa. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis menggunakan Paired Sampel T-test yang dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistic 24. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil nilai signifikan (2-tailed) 0,000 < nilai alfa 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compsitio (CIRC) berpengaruh terhadap kemampuan mneulis siswa. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated reading and composition (CIRC) berpengaruh terhadap kemampuan menulis siswa kelas IV SD Negeri Hanga-Hanga.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up