JudulPengaruh Penggunaan Model Pembelajaran ARIAS Berbantuan Aplikasi Canva Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Inpres Baru |
Nama: NURLINA RASYID |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Nurlina Rasyid, 2024. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran ARIAS Berbantuan Aplikasi Canva Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Inpres Baru. Skripsi Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran ARIAS berbantuan aplikasi canva terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD Inpres Baru. Jenis penelitian menggunakan Pre?Eskperimental dengan desain penelitian One Grup Pretest-Posttest Design. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Inpres Baru yang berjumlah 14 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV. Instrumen yang digunakan adalah instrumen angket. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan Paired Sample T Test yang dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistic 25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan nilai signifikan ( 2-tailed ) 0,000 < Nilai alfa 0,05. Karena nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan Ho ditolak artinya model pembelajaran ARIAS berbantuan aplikasi canva adanya pengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran ARIAS berbantuan aplikasi canva terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD Inpres Baru. Kata Kunci : Model Pembelajaran ARIAS, Motivasi, Aplikasi Canva |