JudulMENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN INPRES 2 TALISE |
Nama: NURUL MUFLIHA A. PUANGOLO |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan motivasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN Inpres 2 Talise. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah kelas IV A dengan jumlah peserta didik 18 orang, jumlah laki-laki 9 orang dan jumlah perempuan 9 orang. Dalam pengumpulan data, metode yang digunakan yaitu teknik tes dan non tes yang berupa observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan dari penelitian ini diketahui bahwa rata-rata observasi motivasi siswa kelas IV A pada siklus I sebesar 60,64% pada siklus II sebesar 74,07% sehingga menunjukan angka kenaikan sebesar 13,43?ri siklus I ke siklus II. Presentase rata-rata angket motivasi belajar pada siklus I sebesar 63% pada siklus II sebesar 75% sehingga menunjukan angka kenaikan sebesar 12%. Untuk motivasi belajar siswa pada siklus I kriteria taraf keberhasilan tergolong pada tingkat sedang yang dimana pada indikator motivasi belajar masih nampak sedang. Sedangkan pada siklus II motivasi belajar begitu nampak terlihat tinggi yang dimana pada setiap indikator baik. Kata Kunci : Motivasi, Model Discovery Learning |