JudulEFEKTIVITAS MEDIA POP UP BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN TANAMODINDI |
Nama: ROSTIA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Rostia (2024). “Efektivitas Media Pop Up Book Berbasis kearifan lokal Terhadap Motivasi Belajar siswa kelas IV di SDN Tanamodindi.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing : Nurul Fitirah Aras. Tujuan penelitian ini untuk Membuktikan Efektiivitas Media Pop Up Book Berbasis Kearifan lokal Terhadap Motivasi Belajar siswa kelas IV SDN Tanamodindi. Jenis Penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan menggunakan desain quasi eksperimental (ekperimen semu) dengan jenis Nonequevalent Control Group. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Tanamodindi, dengan kelas IV A sebagai kelas eksperimen, dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. Hasil analisis data yang menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 65,43 dengan kategori tinggi, sebelum diberi perlakuan (Pretest), dan memiliki nilai rata-rata 78,07 dengan kategori sangat tinggi, setelah diberi perlakuan (Posttest) yaitu menggunakan Media pembelajaran Pop Up Book. Penggunaan media pembelajaran pop up book berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat ada pengaruh media pop up book berbasis kearifan lokal terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN Tanamodindi. Kata Kunci : Media Pop Up Book, Kearifan Lokal, Motivasi Belajar, Siswa SD. |