JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 4 BAJUGAN |
Nama: HERVITO TRI PRAYOGA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Hervito Tri Prayoga, (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN 4 Bajugan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Yusdin Bin. Mahmud.Gagaramusu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Inquiry terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 4 Bajugan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Pre Experimental Desaign (nondesign). Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest desaign, yang terdapat pretest sebelum dilakukan perlakuan dan terdapat posttest sesudah diberi perlakuan yang digunakan sebagai pembanding pada 13 siswa kelas V. Maka pada penelitian ini hanya melibatkan satu kelas perlakuan dan eksperimen untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Inquiry terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajar IPA kelas V sdn 4 Bajugan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda dan non tes berupa wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik inferensial. Berdasarkan Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Paired Simple T test pada taraf nyata 5% (0,05) diperoleh nilai signifikan 0,001 Karena nilai signifikan T-test < 0,05 (0,001 < 0,05) maka Ha di terima dan Ho di tolak. Maka dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Inquiry terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 4 Bajugan. Kata kunci : Model Pembelajaran Inquiry, Hasil belajar, Pembelajaran IPA |