JudulPengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SD Inpres Baru |
Nama: CINDY NUR AMELIA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Cindy Nur Amelia (2024). “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Inpres Baru”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing: Nurul Fitriah Aras. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model pre-experimental desingn menggunakan bentuk desain One Group Pretest Posttest. subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Inpres Baru yang berjumlah 17 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan Paired Sampel T Test yang dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistic 25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < nilai alpha 0,05. Karena nilai sig. 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya model pembelajaran Quantum Learning berpegaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Inpres Baru. Kata kunci: Model Pembelajaran Quantum Learning, Hasil Belajar, Mata pelajaran IPA, Siswa SD |