Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Sikap Kerja Sama Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Inpres 15 Wara Pantoloan
Nama: KHAIRUNNISAH S. BADJA
Tahun: 2024
Abstrak
Khairunnisah S. Badja 2024, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan Sikap Kerja Sama dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Inpres 15 Wara Pantoloan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Tadulako, Pembimbing: Nur Rahmah S.Si.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres 15 Wara Pantoloan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Masalah yang diidentifikasi adalah rendahnya sikap kerjasama dan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus memuat tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan observasi sikap kerjasama siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan belajar klasikal meningkat dari 38,09% pada tes awal menjadi 61,90% pada siklus I dan mencapai 80,95% pada siklus II. Selain itu, sikap kerjasama siswa meningkat dari 74,31% pada siklus I menjadi 92,24% pada siklus II. Penerapan model pembelajaran TGT terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan sikap kerjasama siswa. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran TGT untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap kerjasama siswa. Kata kunci : model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), Hasil belajar, Sikap kerja sama, Pembelajaran IPA.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up