Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DI SDN INPRES 2 TALISE
Nama: SITI NUR AULIA S. MANGIL
Tahun: 2024
Abstrak
Siti Nur Aulia S. Mangil, 2024. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Model Project Based Learning (PjBL) Di SD Inpres 2 Talise”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing: Pahriadi, S.Pd., M.Pd. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian dengan tindakan yang dilakukan di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada siswa kelas V di SDN Inpres 2 Talise.. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V dengan jumlah siswa 31 orang, yang terdiri dari 21 orang laki-laki dan 10 orang Perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Teknik tes yang berbentuk tes pilihan ganda dengan menyesuaikan indikator pembelajaran dan Teknik non tes yang terdiri dari Observasi, Wawancara, serta Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL) di kelas V. Pada Tes Awal sebesar 12,90%, Siklus I sebesar 35,48%, dan pasa siklus Il mengalami peningkatan sebesar 87,10?ngan hal ini dinyatakan bahwa model Project Based Learning bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Aktivitas guru selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran project based learning, pada siklus I sudah mencapai kategori baik yaitu 76,19?n pada sikius II mengalami peningkatan menjadi 92,50?ngan kategori baik sekali. Aktivitas siswa selamaproses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran project based learning, pada siklus I mencapai kategori baik yaitu 75,00?n pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 80,00?ngan kategori baik sekali. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Mata Pelajaran IPA

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up