JudulPengaruh Penggunaan E-book Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Di SDN Inpres 2 Talise |
Nama: FATIN FADILLAH MARZUKIE |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Penggunaan E- book Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V di SDN Inpres 2 Talise. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dalam bentuk desain penelitian One Group Pretest–Postest designs. Teknik penelitian menggunakan teknik random sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 16 orang siswa sebagai kelas Eksperimen. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa 15 soal berbentuk pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS untuk mencari tahu pencapaian signifikan antara sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan menggunakan e-book/ buku digital. Berdasarkan nilai signifikan Paired Sampel T-Test adalah 0,000, dengan nilai signifikan T-test < 0,05 (0,000 < 0,05) dan taraf signifikan 5% (0,05), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Penggunaan E-book Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V di SDN Inpres 2 Talise. |