Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Siswa Kelas IV SDN Inpres 1 Birobuli
Nama: MIFTA AHMAD BUHARI LAPABANDE
Tahun: 2025
Abstrak
Mifta Ahmad Buhari Lapabande, 2025. pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPAS siswa kelas IV SDN Inpres 1 Birobuli. Skripsi Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Nashrullah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe teams games tournament (tgt) terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPAS siswa kelas IV SDN Inpres 1 Birobuli. Jenis penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian menggunakan Quasi Experimental dengan desain penelitian ini yaitu Posttest-Only Control Design. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang terdiri dari kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen angket. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan Paired Sampel T Test yang dianalisis menggunakan Statistic 25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan nilai signifikan ( 2-tailed ) 0,000 < Nilai alfa 0,05. Karena nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan Ho ditolak artinya model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) adanya pengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Sehingga dapat di simpulkan adanya Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPAS siswa kelas IV SDN Inpres 1 Birobuli. Kata Kunci: Model pembelajaran, teams games tournament (tgt), motivasi belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up