JudulEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PEMBELAJARAN IPS MATERI KEUNIKAN KEBIASAAN MASYARAKAT DI SEKITARKU SISWA KELAS IV SDN INPRES 1 BIROBULI |
Nama: NURSAKINA A ISIMU |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Inpres 1 Birobuli. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimen non?equivalent control group design dengan sampel kelas IVA sebagai kelas kontrol dan IVB sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) 0,001 < nilai alfa 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Kesimpulannya, model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif diterapkan pada pembelajaran IPS kelas IV SDN Inpres 1 Birobuli. Kata Kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar IPS |