JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN TEKNIK JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN SISWA KELAS IV SDN INPRES 7 LABUAN BARU |
Nama: AMELIA CITRA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Amelia Citra, 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Teknik Jarimatika Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa Kelas IV SD Inpres 7 Labuan Baru. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Sisriawan Lapasere, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan teknik jarimatika terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa kelas IV SD Inpres 7 Labuan Baru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis desain yaitu Quasi Eksperimental dengan bentuk desain Nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah soal essay yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis menggunakan paired sample t-test yang dianalisis menggunakan IBM SPSS statistic 25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi (2- tailed) 0,000 < nilai alpha 0,05. Karena nilai sig. 0,000 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan teknik jarimatika terhadap peningkatan kemampuan berhitung perkalian siswa kelas IV SD Inpres 7 Labuan Baru. Kata Kunci : Pengaruh, Model pembelajaran Problem Based Learning dan Teknik Jarimatika, Peningkatan Kemampuan Berhitung Perkalian. |