Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL NOJAPI- JAPI PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM INTERAKSI SOSIAL DI KELAS IV SDN KELE
Nama: DELVIANA KRISTINA WENDUR
Tahun: 2024
Abstrak
Delviana Kristina Wendur, 2024 Penerapan Permainan Tradisional Nojapi-Japi Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Interaksi Sosial Di kelas IV SDN Kele’i Skripsi program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Andi Imrah Dewi, S.Pd.M.Sn. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya interaksi sosial siswa dalam pembelajaran di kelas IV SDN Kele’i. Adapun metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang penelitiannya bersiklus dan menggunakan alur Kemmis dan Mc.Taggart, dengan empat tahap yaitu, rencana, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan interaksi sosial siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Kele’i dengan menerapkan permainan tradisional nojapi-japi. Adapun setting penelitian ini menggunakan kelas IV SDN Kele’i yang berjumlah 20 orang yakni 11 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki Pengumpulan data dilakukan siswa dan guru. Berdasarkan hasil penelitian di peroleh persentase hasil interaksi sosial siswa pada siklus 1 yang termasuk dalam kategori cukup mencapai 70% , kategori kurang mencapai 25?n kategori kurang sekali persentase 5?ngan jumlah skor rata-rata pada siklus I adalah 62,25% sehingga di lanjutkan pada siklus II, observasi interaksi sosial siswa siklus II menunjukkan bahwa persentase interaksi sosial siswa yang termasuk dalam kategori sangat baik mencapai 30%, persentase interaksi sosial siswa yang termasuk dalam kategori baik mencapai 45%, dan persentase 25?lam kategori cukup dengan jumlah skor rata-rata 82,75%. Kata kunci: Interaksi sosial, permainan tradisional nojapi-japi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up