JudulPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POHON LITERASI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD INPRES 2 BESUSU |
Nama: DELANDARI NGGOLAON |
Tahun: 2024 |
Abstrak Delandari Nggolaon, (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pohon Literasi Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA di SD Inpres 2 Besusu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Nur Rahmah, S.Si., M.Pd. Pemanfaatan media pohon literasi dalam pembelajaran membuat penelitian ini sangat menarik. Media pohon literasi menuntut kreatifitas siswa melalui kegiatan menempelkan daun materi pada ranting pohon yang disediakan, sehingga membuat siswa menjadi lebih aktif untuk memahami konsep IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Pohon literasi atau tidak pada tingkat Pemahaman Siswa Kelas V pada mata pelajaran IPA di SD Inpres 2 Besusu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain One Group Pre-test-Post-test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Inpres 2 Besusu. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan peserta didik kelas V yang berjumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu berupa tes pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pohon literasi terhadap tingkat pemahaman siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SD Inpres 2 Besusu terlaksana dengan baik. Berdasarkan pengujian hipotesis pada taraf nyata 5% (0,05) diperoleh nilai thitung yaitu 14,36. thitung > dari ttabel atau 14,36 > 2,131 karena diketahui thitung > dari ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media pohon literasi terhadap tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Inpres 2 Besusu. Penelitian ini memberikan kontribusi untuk memahami pengaruh penggunaan media pohon literasi terhadap tingkat pemahaman siswa, yang dapat memberikan acuan kepada guru untuk menggunakan bahan ajar yang inovatif sehingga meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterampilan guru dalam mengajarkan pemahaman konsep IPA. Kata kunci : Media pohon literasi, tingkat pemahaman. |