JudulStrategi Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Siswa Di SD Negeri 3 Palu |
Nama: PUTRI MAHARANI DWI RARASATI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan karakter siswa di SD Negeri 3 Palu. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena krisis karakter yang melanda dunia pendidikan, seperti meningkatnya kasus perundungan dan rendahnya integritas siswa, yang menuntut peran aktif kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan dalam menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung pembentukan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru, serta siswa SDN 3 Palu. Analisis data dilakukan melalui model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan strategi pendidikan karakter melalui pengintegrasian nilai karakter dalam kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler, keteladanan, pembiasaan, serta pelibatan guru, siswa, dan orang tua. Strategi tersebut diimplementasikan dalam berbagai bentuk aktivitas seperti doa bersama, shalat dhuha, kegiatan sosial, pembinaan karakter religius, serta kerja sama antarpihak. Hasil implementasi menunjukkan perubahan positif dalam perilaku siswa, seperti meningkatnya rasa empati, disiplin, dan sikap saling menghargai. Kesimpulannya, strategi kepala sekolah berperan penting dalam keberhasilan implementasi pendidikan karakter. Kolaborasi yang kuat antarwarga sekolah dan lingkungan sekitar mendukung pembentukan karakter siswa yang beriman, bertakwa, bergotong royong, dan berakhlak mulia. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi sekolah lain dalam pengembangan program pendidikan karakter yang sistematis dan berkelanjutan. |