JudulPENGARUH METODE FERNALD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I DI SD INPRES 3 TALISE |
Nama: NURUL AMALIA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Nurul Amalia, (2024). Pengaruh Metode Fernald Terhadap Kemampuan Membaca Siswa di SD Inpres 3 Talise. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing: Dr. Andi Imrah Dewi, S.Pd., M.Sn. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode Fernald terhadap kemampuan membaca siswa kelas I di SD Inpres 3 Talise. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas I SD Inpres 3 Talise yang berjumlah 52 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 26 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 26 orang. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan lembar observasi kemampuan membaca siswa. Analisis yang digunakan terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan berbantuan IBM SPSS Statistic 23. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample T Test pada taraf nyata 5% (0,05) diperoleh nilai signifikan 0,000 maka hasil penelitian ini menunjukkan hasil signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode Fernald terhadap kemampuan membaca siswa kelas I di SD Inpres 3 Talise. Kata Kunci : Metode Fernald, Kemampuan Membaca |