Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPeningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas III SDN 3 Malala Kab. Tolitoli Melalui Metode Kupas Rangkai Suku Kata
Nama: NURAFNI
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Nurafni, 2025. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas III SDN MALALA KAB.TOLITOLI Melalui Metode Kupas Rangkai Suku Kata. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. (1) Rizal, Pembimbing. Permasalahan yang di kaji peneliti ini adalah apakah dengan menggunakan metode Latihan terbimbing dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas III SDN 3 MALALA KAB.TOLITOLI. Adapun tujuan yang diharapkan adalah untuk Peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas III SDN 3 MALALA KAB.TOLITOLI melalui metode kupas rangkai suka kata, sehingga siswa dapat membaca dengan rancangan penelitian mengikuti PTK model Kurt Lewin yang meliputi perencanaan, Tindakan, observasi, dan refleksi. Penilaian yang didasarkan pada pengamatan proses metode kupas rangkai suku kata. Subjek yang diteliti adalah 12 siswa kelas III SDN 3 MALALA KAB.TOLITOLI. Proses penelitian Tindakan dilaksanakan sebanyak dua siklus. Data dikumpulkan melalui table metode kupas rangkai suku kata, berdasarkan data tersebut, peneliti dapat menentukan proses metode kupas rangkai suku kata. Melalui table hasil belajar siswa kelas III SDN 3 MALALA KAB.TOLITOLI. Hasil menunjukkan bahwa presentase ketuntasan pada observasi tes awal sebelum digunakan metode Latihan terbimbing adalah 16%. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas diperoleh hasil presentase ketuntasan pada siklus I adalah 56,0%, dan pada siklus II perolehan presentase ketuntasan sangat memuaskan yaitu mencapai 85,7%. Dengan demikian indicator keberhasilan dapat tercapai dengan baik dan penelitian tindakan kelas dinyatakan berhasil, sehingga hipotesis tindakan dapat diterima. Kata Kunci : Peningkatan Kemampuan Membaca, Metode Kupas Rangkai Suku Kata.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up