JudulMENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING SISWA KELAS 1 SD NEGERI 24 PALU MENGGUNAKAN METODE SUKU KATA BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR |
Nama: SITTI NUR FADILLAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring menggunakan metode suku kata berbantuan kartu bergambar pada siswa kelas 1 SD Negeri 24 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 SD Negeri 24 Palu dengan jumlah siswa 28 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Metode suku merupakan metode yang memudahkan siswa dalam mengenal huruf, suku kata atau paduan huruf. Sedangkan media kartu bergambar merupakan media yang dapat mempermudah siswa dalam membaca karena memiliki gambar yang dapat menarik minat siswa. Hasil penilaian awal dari keterampilan membaca nyaring yang dilakukan saat prasiklus adalah hanya 50 % siswa yang memperoleh nilai tuntas atau diatas KKM yaitu 70. Hasil prasiklus itu mengalami peningkatan yang sangat baik ketika peneliti melaksanakan siklus 1 yaitu menjadi 85% siswa yang memperoleh nilai tuntas atau diatas KKM. Kata kunci: Membaca Nyaring, metode suku kata, media kartu bergambar. |