JudulMeningkatkan Keterampilan Literasi Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining Kelas IV Di SD Negeri 6 Kasiguncu |
Nama: DEWI RAHMA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Dewi Rahma, 2024. "Meningkatkan Keterampilan Literasi Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining pada Kelas IV SD Negeri 6 Kasiguncu". Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Sisriawan Lapasere. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan literasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining pada kelas IV di SD Negeri 6 Kasiguncu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 6 Kasiguncu dengan jumlah siswa 18 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan berupaya deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining merupakan model pembelajaran yang di mana siswa mampu menyajikan materi dihadapan siswa lain dengan bekerja dalam kelompok guna saling bertukar pendapat masing-masing. Hasil penelitian di awal dari keterampilan literasi siswa yang dilakukan saat pra tindakan mendapat ketuntasan klasikal sebesar 11,11%. hasil pra tindakan itu mengalami peningkatan yang baik ketika peneliti melaksanakan siklus I dan siklus II. Hasil yang di dapatkan dari tindakan siklus I ketuntasan klasikal sebesar 44,44?n ketuntasan klasikal yang didapatkan pada tindakan siklus II sebesar 94,44%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan keterampilan literasi siswa di kelas IV SD Negeri 6 Kasiguncu. Kata kunci: keterampilan literasi, model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining. |