JudulPenerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kreativitas Mewarnai Pada Mata Pelajaran SBdP Siswa Kelas II SD Inpres 3 Talise |
Nama: LIANA APRILIANTI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Liana Aprilianti, 2024. “Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kreativitas Mewarnai Pada mata Pelajaran SBdP Siswa Kelas II SD Inpres 3 Talise”. Skripsi. Pendidikan Guru sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmpu Pendidikan, universitas Tadulako. Pembimbing Yun Ratna lagandesa, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran mewarnai SBdP dengan menggunakan metode demonstrasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Tanggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Inpres 3 Talise tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Analisis data terdiri dari lembar observasi aktivitas guru serta lembar observasi kreativitias siswa. Peningkatan kreativitas siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I terdapat 4 siswa yang berkembang sangat baik (BSB), 4 siswa berkembang sesuai harapan (BSH) ,4 siswa mulai berkembang (MB), dan 8 siswa belum berkembang (BB). Sedangkan pada siklus 2 terdapat 6 siswa yang berkembang sangat baik (BSB), 7 siswa berkembang sesuai harapan (BSH, 5 siswa mulai berkembang (MB), dan 2 siswa belum berkembang (BB). Untuk aktivitas guru siklus I dan siklus II sebesar 73,33?n 85 ?rdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mewarnai pada mata pelajaran SBdP dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan kreativitas mewarnai siswa kelas II SD Inpres 3 Talise. Kata kunci : Metode Demonstrasi, Mewarnai, SBdP dan Kreativitas. |