JudulPENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAMES TURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA PAPAN SDA PADA SISWA KELAS IV SD INPRES 3 TALISE |
Nama: LIDYA SAFITRI ILHAM LAMI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Lidya Safitri Ilham Lami, (2024). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan menggunakan Model Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Papan SDA pada siswa kelas IV SD Inpres 3 Talise. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Kegururan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing: Nurul Fitriah Aras, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan menggunakan Model Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Papan SDA pada siswa kelas IV SD Inpres 3 Talise. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini terdiri dari 24 siswa kelas IV SD Inpres 3 Talise. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi yang digunakan untuk mengamati aktivitas guru dan lembar angket yang digunakan untuk mengamati motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil angket motivasi belajar siswa yang diperoleh pada siklus I yaitu 71,6?n pada siklus II terjadi peningkatan dengan diperolehnya hasil 84,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Team Games Tournament (TGT) berbntuan media papan SDA terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata kunci: Model Team Games Tournament (TGT), Peningkatan Motivasi Belajar Siswa, Media papan, Siswa SD |