JudulMENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBUNYIKAN NADA MENGGUNAKAN METODE HAND SIGN DI KELAS IV SD NEGERI 24 PALU |
Nama: MAHARANI KABIN TJ |
Tahun: 2024 |
Abstrak Maharani Kabin TJ, 2024. “Meningkatkan Kemampuan Siswa Membunyikan Nada Menggunakan Metode Hand Sign Di Kelas IV SD Negeri 24 Palu”. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Yun Ratna Lagandesa, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa membunyikan nada menggunakan metode Hand sign di kelas IV SD Negeri 24 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc.Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes membunyikan nada dan hasil aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan 48?ngan kategori cukup. Pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan 81?ngan kategori sangat baik. Maka, pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan ketuntasan belajar minimal. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa metode Hand sign dapat meningkatkan kemampuan siswa membunyikan nada di kelas IV SD Negeri 24 Palu. Kata kunci: Kemampuan, Membunyikan Nada, Metode Hand Sign. |