Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 6 PALU
Nama: MELLY AUDINA RAMADHANI
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru pada kurikulum merdeka di SD Negeri 6 Palu. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru di SD Negeri 6 Palu dan siswa siswi SD Negeri 6 Palu. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan mixed methods research design (rancangan penelitian metode campuran) merupakan suatu prosedur dalam mengumpulkan, menganalisis, dan “mencampur” metode kuantitaif dan kualitatif dalam suatu penelitian atau serangkaian penelitian untuk memahami permasalahan dalam penelitian. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, angket dan telaah dokumen. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif dari lembar observasi dan angket, sedangkan pendekatan kualitatif dari wawancara dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru pada kurikulum merdeka di SD Negeri 6 Palu yaitu mengaktifkan KKG, Kombel (Komunitas Belajar), melakukan pembelajaran secara mandiri di PMM, membuat kegiatan-kegiatan seperti pelatihan, workshop, melakukan evaluasi dan supervisi guru, refleksi, serta memberi motivasi pada guru-guru di SD Negeri 6 Palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up