JudulPengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Teams Games Turnamen (TGT) Terhadap Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas IV SD Inpres Bumi |
Nama: ALFIONITA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh penggunaan model koperatif tipe teams games turnamen (PT) terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas empat SD inpres bumi sagu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan pada satu kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimen desain dengan bentuk one group pretest posttest. populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD impress bumi sagu tahun ajaran 2024 berjumlah 24 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas IV yang menjadi kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes yaitu soal pilihan ganda yang telah diuji validitas dan realibilitas nya. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan linieritas serta pengujian hipotesis menggunakan paired sample t-test Yang dianalisis menggunakan SPSS 22 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 , maka menerima hipotesis Ha Dan menolak hipotesis Ho, artinya terdapat pengaruh penggunaan model koperatif tipe TGT terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD inpres bumi sagu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model koperatif tipe teams games turnamen (TGT) terhadap hasil belajar Ipah siswa SD inpres bumi sagu. |