Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD INPRES 2 KAMONJI
Nama: NINA
Tahun: 2024
Abstrak
Nina, 2024. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Kamonji". SKRIPSI. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dr. Nashrullah, S.Pd.I., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Berpengaruh Terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Kamonji. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan pada satu kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Eksperimen Design dengan bentuk One Group Pretest Posttest. Sampel penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Inpres 2 Kamonji. Variable penelitian ini meliputi variable bebas, yaitu model pembelajaran kooperatif teams games tournament, dan variable terikat, yaitu minat belajar. Pengumpulan data menggunakan perangkat pembelajaran, angket (kuisioner), observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian data minat belajar prestest dan posttest menggunakan uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikan 0,000 <0,05, sehingga menerima hipotesis alternatif (Ha) dan menolak hipotesis (Ho), artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif teams games tournament terhadap minat belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres 2 Kamonji. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Kamonji. Kata Kunci: Model Kooperatif Teams Games Tournament, Minat Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up