JudulPERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS PROJECT MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KONSEP MERDEKA BELAJAR DI KELAS IV SDN 15 PALU |
Nama: VERA ANGELINA PESIK |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru dan siswa terhadap penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbasis project mata pelajaran seni budaya konsep merdeka belajar di kelas IV SDN 15 Palu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, penyebaran angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, penelti memperoleh temuan diantaranya adalah persepsi guru dan siswa terhadap penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbasis project di kelas IV SDN 15 Palu sangat baik. Guru wali kelas IV merasa sangat puas dengan hasil dari penerapan pembelajaran ini, karena mampu menciptakan suasana kelas yang aktif dan menyenangkan. Sehingga tujuan pembelajaran yang ada dapat dicapai dengan baik. Sedangkan untuk persepsi siswa terhadap penerapan pembelajaran berdiferensiasi ini juga sangat baik, dilihat dari respon yang diberikan oleh peserta didik yang menunjukan bahwa; dari 28 peserta didik 96,43% siswa merasa senang, tertarik dan paham dengan pembelajaran yang telah berlangsung. hanya 5 orang yang merasa bosan selama proses pembelajaran berlangsung, dan sebanyak 24 orang atau 85,71% peserta didik menginginkan pembelajaran seperti ini selalu diterapkan dikelas mereka. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tanggapan guru dan siswa terhadap penerapan pembelajaran berdiferensiasi ini sangat baik, bahkan memberikan dampak yang sangat besar bagi proses pembelajaran dikelas. Kata kunci : Pembelajaran Berdiferensiasi, Strategi Berbasis Project, Kurikulum Merdeka, Pelajaran Seni Budaya |