Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Dolago
Nama: TIRTA YULIA ANANDA
Tahun: 2024
Abstrak
Tirta Yulia Ananda, 2024. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Inpres Dolago. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Nashrullah, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari beberapa aspek perlakuan dan pengamatan utama yaitu peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Dolago? Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Dolago. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis Dan Mc. Taggart yang terdiri dari dua siklus. Dimana pada setiap siklus dilaksanakan satu kali pertemuan di kelas dan dari setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Dolago yang berjumlah 17 siswa. Pada tindakan siklus I diperoleh 53% siklus. Pada tindakan siklus II diperoleh KBK 87,3%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai daya serap klasikal 75?n ketuntasan belajar klasikal yaitu 75%. Berdasarkan nilai rata-rata daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di SD Inpres Dolago. Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up