JudulPENGARUH MEDIA POSTER DIGITAL TERHADAP KETERAMPILAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SD INPRES 2 KAMONJI |
Nama: YUYUN PUTRI WAHYUNI PATIGU |
Tahun: 2024 |
Abstrak Yuyun Putri Wahyuni Patigu, ( 2024 ). Pengaruh Media Poster Digital Terhadap Literasi Sains Siswa Pada Mata Pelajaran IPA kelas IV di SD Inpres 2 Kamonji. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Nur Rahma, S.Si.,M.Pd. Pembelajaran yang baik memerlukan kemajuan, khususnya pengembangan cara pendidik mendidik atau kemajuan dalam aset pembelajaran. Salah satunya dengan menghadirkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif, karena saat ini siswa dan pendidik diharapkan mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media poster digital berpengaruh terhadap keterampilan literasi sains siswa. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukan bahwa indikator mengidentifikasi isu-isu (masalah ilmiah) siswa memperoleh persentase 58% tergolong dalam kriteria sangat tinggi, indikator menjelaskan fenomena ilmiah siswa memperoleh persentase 34,66% tergolong dalam kriteria rendah dan indikator menggunakan bukti ilmiah siswa memperoleh persentase 7,33 % tergolong dalam kriteria sangat rendah. Hipotesis alternatif (Ha) bahwa media poster digital berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa diterima berdasarkan perhitungan yang dilakukan dengan uji Paired Sample T Test yang menghasilkan nilai signifikan sebesar 0,001<0,05. Penelitian ini menggunakan 24 siswa kelas IV sebagai sampel. Penelitian ini berkontribusi untuk memahami pengaruh media poster digital terhadap keterampilan literasi sains siswa, yang pada akhirnya berdampak pada kualitas pembelajaran di era 4.0 yang serba digital. Kata Kunci : Poster Digital, Keterampilan Literasi Sains |