JudulPeran Guru Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Di SDN 23 Balaesang |
Nama: MUTMOZA FILIANSI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Mutmoza Filiansi, 2024. Peran Guru Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Di SDN 23 Balaesang. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Falkutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Sisriawan Lapassera M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam penguatan karakter siswa di SDN 23 Balaesang yakni lebih berfokus pada peran guru dalam mendidik dan membimbing,untuk mengetahui faktor penghambat guru dalam mendidik dan membimbing karakter siswa di SDN 23 Balaesang. Penelitian ini menggunakan model penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu 25 orang siswa, teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dalam mendidik dan membimbing karakter siswa yaitu dengan menggunakan pendekatan keteladanan dan membiasakan penguatan pendidikan karakter yang meliputi: Religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. Faktor penghambat peran guru dalam mendidik dan membimbing karakter siswa yaitu: Pengaruh pergaulan teman sebaya baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat, kurangnya hubungan komunikasi antara siswa dan orang tua siswa, pengaruh penggunaan Handphone secara berlebih di luar sekolah. Dan dari hasil penelitian menunjukan bahwa: peran guru dalam penguatan pendidikan karakter siswa di SDN 23 Balaesang dari jumlah 25 responden siswa yang dapat di lihat dari presentase dapat di simpulkan masuk dalam kategori baik. Kata Kunci : Peran Guru, Penguatan Pendidikan Karakter |