Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA BERBANTUAN METODE PENGAMATAN DI SD NURUL ISLAM TAWAELI
Nama: HIJRA
Tahun: 2025
Abstrak
Hijra, 2024. ‘Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA Berbantuan Metode Pengamatan Di SD Nurul Islam Tawaeli. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Nuraini, S.Pd., M.Pd Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA di SD Nurul Islam Tawaeli. Jenis penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest Postest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Nurul Islam Tawaeli yang berjumlah 11 orang. Teknik sampling yang digunakan yaitu uji sampel jenuh. Instrumen penelitian ini berupa angket. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t Paired Sample T Test menggunakan SPSS 25 dan menggunakan uji Cohen’s d untuk melihat besarnya pengaruh dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Nurul Islam Tawaeli. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji Paired Sample T Test yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Dikarenakan nilai signifikansi tersebut kurang dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara motivasi belajar siswa pada pretest dan postest. Hasil uji cohen’s d diperoleh nilai 2,830304 ini menunjukkan pengaruh memiliki efek yang besar. Jadi, penelitian ini membuktikan adanya pengaruh signifikan penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SD Nurul Islam Tawaeli. Kata Kunci: Media Audio Visual, Motivasi Belajar, Pembelajaran IPA

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up