JudulIMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MELALUI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI KELAS IB SD NEGERI 24 PALU |
Nama: NUR HALISAH |
Tahun: 2025 |
Abstrak Nur Halisah, 2025. “Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Kelas IV SD Negeri 24 Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Herlina, S.Pd., M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana perencanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Kelas IV SD Negeri 24 Palu, 2) bagaimana pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Kelas IV SD Negeri 24 Palu, 3) bagaimana evaluasi pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila di kelas IV SD Negeri 24 Palu? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar pancasila di kelas IV SD Negeri 24 Palu. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi kurikulum merdeka melalui proyek penguatan profil pelajar pancasila di kelas IV SD Negeri 24 Palu yaitu 1) perencanaan proyek meliputi penentuan tema dan penyusunan modul ajar 2) pelaksanaan pembelajaran proyek dimulai dengan tahap siswa membaca materi, mengamati guru menjelaskan, membentuk kelompok, peresentasi setiap kelompok, refleks pembelajarani, dan menutup pembelajaran 3) evaluasi proyek dilakukan guru melalui penugasan terhadap peserta didik untuk mengukur keberhasilan proyek. Kata Kunci : Implementasi Kurikulum Merdeka, Proyek Penguatan profil pelajar pancasila |