JudulImplementasi Kurikulum Merdeka Di SD Negeri 6 Palu |
Nama: SYAMSIDAR |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri 6 Palu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif, pendekatan ini tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Subjek penelitian ini adalah perwakilan guru pada setiap fase A, B dan C yang terdiri dari kelas 2, 4 dan 6. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, melalui observasi dilakukan pada saat pelaksanaan pembelajaran berlangsung untuk melihat bagaimana iimplementasi kurikulum merdeka di sd negeri 6 Palu, wawancara dilakukan untuk memperoleh informasi melalui proses tanya jawab dengan guru dengan menggunakan pedoman wawancara dan telaah dokumen bertujuan untuk mengumpulkan data melalui dokumen pelengkap pembanding antara pengamatan dan wawancara dengan dokumen berupa capaian pembelajaran, modul ajar dan alur tujuan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi kurikulum Merdeka di SD Negeri 6 Palu telah berjalan dengan baik, tahap perencanaan guru sudah menyiapkan berbagai perangkat pembelajaran dan media pembejaran pada kurikulum merdeka sebelum memulai pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan, pembelajaran berpusat kepada peserta didik. Kemudian, pada tahap evaluasi atau asesment yang dilakukan guru bervariasi. |