Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Inpres Taepa
Nama: WINARSI AMIR
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Winarsi Amir, (2024). “Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Inpres Taepa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas tadulako. Pembimbing: Nur Rahmah, S.Si., M.Pd. Masalah yang di temukan di SD Inpres Taepa adalah kekurangan kemampuan berpikir kritis siswa terhadap materi yang disampaikan, yang menyebabkan hasil belajar IPA siawa rendah. Kondisi ini terjadi karena model pembelajran yang konvensional dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Inpres Taepa. Metode penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode penelitian kuantitatif dan menggunakan desain penelitian one group pretest posttest design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Taepa yang berjumlah 14 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan diantaranya wawancara, observasi dan tes. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, panduan wawancara, tes dan dokumentasi. Data pada penelitian ini diambil berdasarkan data hasil pretest dan posttest. Diketahui bahwa nilai rat-rata pretest 53,92 dan nilai rata-rata posttest yaitu 81,42 dimana nilai posttest > nilai pretest. Berdasarkan dari hasil perhitungan menggunakan uji t di peroleh thitung sebesar 15,36 dengan jumlah sampel 14 pada taraf signifikan 0,05 atau 5%, db = 14-1=13 di peroleh t tabel sebesar 2,16. Jadi thitung > ttabel atau 15,36 >2,16 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Inpres Taepa. Model pembelajaran CTL yang menggunakan bantuan video pembelajaran membuat siswa lebih aktif dalam proses belajar, sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka. Kata kunci: Contextual Teaching and Learning, Video Pembelajaran, Kemampuan Berpikir Kritis

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up