JudulPengaruh Metode Scramble Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Nurul Islam Tawaeli |
Nama: ARFIATUN |
Tahun: 2024 |
Abstrak Scramble merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan konsentrasi dan kecepatan berpikir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode scramble terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Nurul Islam Tawaeli. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Adapun sampel pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Nurul Islam Tawaeli yaitu 12 peserta didik. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes uraian dalam bentuk rubrik penilaian dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan membaca pemahaman peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran scramble (pretest) adalah 54,857 dikategorikan kurang baik. Selanjutnya hasil nilai rata-rata tes kemampuan membaca pemahaman peserta didik setelah digunakan model pembelajaran scramble (posttest) adalah 89,58. Berarti mengalami peningkatan dari nilai pretest, dan jika dikategorikan, kemampuan membaca pemahaman peserta didik berada pada kategori sangat baik. Setelah dilakukan perhitungan, diperoleh Thitung 12,95. Dari daftar distribusi t pada ? 0,05 dengan db = 12 -1 diperoleh nilai Ttabel sebesar 2,20099. Karena Thitung 12,95 ? 2,201 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Nurul Islam Tawaeli dengan menggunakan metode scramble. |